Menu

Taiwan Indonesia Industrial Collaboration Summit (TIICS) 29-31 Maret 2017

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang  terus meningkat dan guna merespon kebijakan Pemerintah Taiwan, New Southbound Policy, maka pada tanggal 29-31 Maret 2017 telah diselenggarakan rangkaian Taiwan Indonesia Collaboration Summit (TIICS) di Grand Hi-Lai Hotel, Kaohsiung yang diorganisir oleh Industrial Development Bureau Taiwan (IDB). TIICS Kaoshiung ini merupakan  yang pertama kali diselenggarakan oleh Pemerintah Taiwan dan diharapkan dapat menjadi platform dan starting point  kerjasama antara Taiwan dan Indonesia di sektor industri.

TIICS ini diselenggarakan atas kerjasama Industrial Development Bureau (IDB), Ministry of Economic Affair (MOEA) dan Indonesian Economic and Trade Office  to Taipei (IETO). TIICS ini mengundang stakeholder dari pemerintah, media, asosiasi, akademisi, perusahaan dari Taiwan dan Indonesia.   Pihak Taiwan dihadiri oleh Ministry of Economic Affair (MOEA), Chinese National Federation of Industries (CNFI), Asosiasi industry Taiwan, Perusahaan BUMN dan Swasta Taiwan, sebaliknya  Indonesia  diwakili oleh Kementerian Perindustrian, Kemenko Perekonomian, BKPM, BPPT, LIPI, Pemda Makasar, KADIN Indonesia, Asosiasi,  dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (KDEI). TIICS ini dihadiri lebih dari 400 peserta.

Rangkaian  TIICS dimulai dengan kunjungan ke lembaga research and development dan kebeberapa industri seperti : MIRDC, China Steel dan CSBC.Selain itu juga dilakukan pertemuan High Level, dan pertemuan di 5 sektor industri sub-forum discussion yaitu sektor shipbuilding, ICT/Smart City, SINOTEC/Biotechnology, Food Processing, dan Baja/Logam .

CTIICS dimulai dengan sambutan dari Chairman Chinese National Federation of Industries (CNFI) Taiwan, Mr. Hsu,  dilanjutkan dengan  Minister of Ministry of Economic Affair Taiwan (MOEA), Mr. Chih-Kuang Lee. Selanjutnya Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta dan beliau mengharapkan banyaknya kerjasama Industri yang dapat dilakukan dimulai dari TIICS ini. Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan dari Vice Chairman KADIN Indonesia, Ibu Rini Lestari.

Pada kesempatan ini, Kepala KDEI Taipei, Robert J. Bintaryo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Summit ini merupakan satu platform yang sangat baik untuk menjalin kerjasama antara Taiwan dan Indonesia. Beliau juga mengharapkan agar para peserta juga dapat berpartisipasi di TIICS tahun 2018 di Jakarta. 

Selanjutnya keynote speech dari Chairman of KENDA, dan Deputy Chairman BKPM menyampaikan bahwa TIICS ini diharapkan dapat menarik kesempatan berinvestasi di Indonesia. Deputy Director dari ITRI-IEK, Mr. Jack Chuang dan Deputy Director dari LIPI, Ibu Tri Nuke Pudjiastuti juga menyampaikan peluang kerjasama industri antara Taiwan dan Indonesia. 

Pada acara  TIICS telah dilakukan penandatanganan sebanyak 6 (enam) MOU oleh beberapa industri, asosiasi dan perusahaan  yakni : CNFI dengan KADIN, AGV Products Corp. dengan BOSOWA Corp., CSBC dengan SOECHI Corp. Indonesia, CSBC dengan PT. Sumber Marine Yard, dan Asia Hydrogen Energy Ltd. Co. dengan PT. Prima Gasifikasi Indonesia. 

Pada Official High Level meeting telah disepakati oleh kedua belah pihak untuk penyelenggaraan TIICS selanjutnya tahun 2018 akan dilaksanakan di Jakarta atau di Surabaya. Penyelenggaraan tersebut masih akan dilakukan koordinasi dengan beberapa institusi terkait. Selain itu kedua belah pihak juga sepakat untuk menyelenggarakan adanya Steel Dialog Forum yang rencananya akan diselenggarakan di Bali pada bulan Juni 2017 dan akan dihadiri oleh industri Baja/logam dan asosiasi logam Taiwan dan Indonesia. 

Pada pertemuan di 5 sektor industry sub-forum discussion yakni sektor shipbuilding, ICT/Smart City, SINOTEC/Biotechnology, Food Processing, Baja/Logam diharapkan masing-masing sektor dapat saling tukar pikiran, pengalaman dan menjalin peluang kerjasama industri, perdagangan dan investasi. Pada Sub-forum ini  dilakukan presentasi dari kedua belah pihak, selanjutnya dilakukan panel discussion untuk mengetahui kebutuhan dan permasalahan serta potensi yang dapat dikerjasamakan oleh masing-masing pihak.  TIICS diakhiri dengan jamuan makan malam  oleh Vice Minister of MOEA, Mrs. Mei-Hua Wang.

 

Read more...

Business Forum on Trade and Investment Opportunities in Indonesia

Pada tanggal 19 Agustus 2015, KDEI Taipei telah menyelenggarakan Business Forum on Trade & Investment Opportunities in Indonesia di New Taipei City Industrial Park Service Center. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar dua puluh lima orang perwakilan dari perusahaan di kawasan industri tersebut, dan diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai potensi-potensi yang ada di Indonesia kepada pelaku usaha di Taiwan.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala KDEI Taipei, Arief Fadillah, dan sambutan dari Direktur Kawasan Industri New Taipei City, Mr. Fu Hui Seng. Pada sambutannya, Kepala KDEI Taipei menyampaikan mengenai potensi Indonesia, hubungan erat yang telah terjalin antara Indonesia dan Taiwan, seraya menyampaikan harapan agar hubungan tersebut dapat semakin meningkat dan mengundang investor Taiwan untuk berinvestasi di Indonesia. Direktur Kawasan Industri New Taipei City menjelaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu tujuan utama investasi asal Taiwan serta menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kepala KDEI Taipei, dan atas penyelenggaraan business forum tersebut sehingga dapat memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha, khususnya di New Taipei City. Selanjutnya diadakan sesi panel dengan paparan dari Kepala Bidang Investasi, Kepala Bidang Perdagangan, Kepala Bidang Industri, perwakilan dari Kawasan Industri Artha Industrial Hill, dan Yang Luck International Group, dan ditutup dengan sesi tanya jawab.

Para peserta kegiatan business forum tersebut menunjukkan antusiasmenya terhadap Indonesia dan tertarik untuk mencari peluang bisnis di Indonesia. Untuk itu, informasi detil mengenai sektor-sektor industri prioritas dapat memperkaya pemahaman serta semakin mendorong minat para pelaku usaha untuk berinvestasi di Indonesia. KDEI Taipei akan terus melakukan promosi untuk menarik investor Taiwan dengan melaksanakan business forum di kawasan industri lainnya wilayah-wilayah lain di Taiwan, dengan mengutamakan kawasan industri pada sektor-sektor yang diprioritaskan.

Read more...

Penjajakan Kerjasama Industri Tekstil dan Alas Kaki

Untuk menjajaki kerjasama di bidang industri antara Indonesia dan Taiwan,  pada tanggal 22 Oktober 2014, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) yang dalam kesempatan ini diwakili Kepala Bidang Industri Bpk. Heru Nugroho melakukan kunjungan ke kantor Taiwan Textile Federation. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memfasilitasi penjajakan kerjasama di bidang penelitian dan pengembangan, serta pertukaran tenaga ahli di bidang tekstil dan alas kaki (persepatuan) antara Balai Besar Tekstil Bandung dengan industri di Taiwan, khususnya yang tergabung dalam asosiasi Taiwan Textile Federation.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

DMC Firewall is a Joomla Security extension!