Menu

Pengajuan Kompensasi Biaya Tiket TKA Yang Menunda/Batal Cuti Pulang Ke Indonesia

photo: indosuara photo: indosuara

PROSEDUR PENGAJUAN KOMPENSASI BIAYA TRANSPORTASI BAGI TKA YANG MENUNDA ATAU MEMBATALKAN CUTI PULANG KE NEGARA ASAL

Sesuai dengan UU Ketenagakerjaan Taiwan Pasal 46 Ayat 1 Butir 8-11 tentang “Peraturan Pemberian Kompensasi Biaya Transportasi Bagi Pekerja Migran Yang Menunda Atau Membatalkan Cuti Kembali ke Negara Asal”, disampaikan informasi sebagai berikut:

Periode pengajuan kompensasi: 17 Maret 2020 – 30 Juni 2021

Kualifikasi pengajuan:

  1. Memiliki surat izin perekrutan TKA yang dikeluarkan oleh MoL sebelum tanggal 17 Maret 2020 dan surat izin perekrutan masih berlaku pada saat pengajuan kompensasi.
  2. TKA dapat mengajukan sendiri atau dibantu oleh pihak pengguna atau agen pelayanan ketenagakerjaan.

Kriteria penentuan pemberian kompensasi :

  1. Kerugian biaya transportasi yang terjadi akibat penerbangan dari Taiwan ke negara asal ditunda atau dibatalkan (tidak termasuk biaya penerbangan domestik di negara asal atau biaya transportasi lainnya).
  2. TKA dan pengguna telah sepakat untuk cuti kembali ke negara asal dan telah memiliki tiket kepulangan dengan tanggal penerbangannya setelah 17 maret 2020 pukul 16:00. Pemberian kompensasi berdasarkan bukti tiket pesawat.
  3. Nominal kompensasi tidak termasuk biaya pengembalian uang dari pihak penerbangan atau perusahaan tempat pembelian tiket.
  4. Setiap TKA hanya dapat mengajukan kompensasi kerugian biaya transportasi sebanyak 1 (satu) kali. Apabila kepulangan TKA ke negara asal melalui transit di negara lain, maka kerugian biaya transportasi tersebut juga dapat diajukan secara bersamaan.

Dokumen yang perlu disiapkan:

  1. Formulir aplikasi dapat diunduh di: https://reurl.cc/Njbby6.
  2. ARC atau Paspor TKA
  3. Fotokopi buku rekening bank di Taiwan (untuk pencairan dana kompensasi kerugian). Bagi TKA yang tidak memiliki rekening bank, kompensasi akan diberikan berupa cek yang hanya dapat dicairkan oleh TKA yang bersangkutan di bank.
  4. Bukti tiket pesawat atau bukti lainnya yang dikeluarkan sebelum tanggal 17 maret 2020 dan jadwal penerbangan setelah tanggal 17 maret 2020 pukul 16:00.
  5. Bukti pembayaran biaya penundaan atau pengembalian biaya akibat pembatalan tiket pesawat yang dikeluarkan oleh perusahaan penerbangan atau perusahaan yang mengeluarkan tiket.
  6. Jika tidak dapat melampirkan dokumen atau data pada poin sebelumnya, dapat melampirkan dokumen dan data pendukung lainnya (seperti catatan riwayat komunikasi telepon atau catatan email antara TKA dengan pengguna atau agen pelayanan ketenagakerjaan atau pihak maskapai penerbangan, dll.)
back to top

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

DMC Firewall is a Joomla Security extension!