Menu

Semarak KDEI Mobile Service di Taichung

  • Published in Berita

Taichung, 27 November 2016. Layanan KDEI Mobile Service bulan November 2016 dilaksanakan di Toko AKUI di Taichung. KDEI Mobile Service merupakan kegiatan KDEI-Taipei dalam memperluas cakupan pelayanan keimigrasian, kekonsuleran, dan ketenagakerjaan ke sejumlah wilayah di Taiwan. Selain ketiga layanan tersebut, KDEI Mobile Service kali ini juga memberikan layanan kewirausahaan bagi WNI yang tertarik membuka usaha dagang setelah kembali ke Indonesia. Layanan tersebut sekaligus juga sebagai sarana perluasan informasi layanan dan himbauan KDEI-Taipei lainnya terhadap WNI di Kota Taichung. 

Pada kesempatan tersebut, sejumlah tenaga kerja Indonesia memanfaatkan waktunya untuk bertemu dan berdiskusi dengan pihak KDEI-Taipei yang memberikan informasi dan jawaban secara menyeluruh.

Pelayanan dokumen keimigrasian dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman mengenai prosedur permohonan paspor dan penggantian paspor terhadap TKI yang berkunjung ke lokasi pelaksanaan  KDEI Mobile Service, yang dilanjutkan dengan pengisian formulir registrasi penggantian paspor. Dalam diskusinya, juga disampaikan informasi biaya dalam pengurusan paspor sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Pelayanan kekonsuleran juga diberikan kepada WNI yang hendak mengajukan permohonan pernikahan dan pengajuan pengesahan surat kuasa pengurusan surat berharga. Selain itu, sejumlah WNI berdiskusi mengenai prosedur dan tata cara administrasi kewarganegaraan, serta perihal lapor diri sebagai mekanisme administrasi kependudukan bagi WNI yang berada di luar negeri.

Pihak KDEI-Taipei juga melakukan diskusi dengan sejumlah tenaga kerja Indonesia yang berkunjung, antara lain respon atas pemberluan aturan baru perpanjangan masa kerja, permasalahan TKI yang bekerja tidak sesuai kontrak, prosedur perpindahan majikan, prosedur perpindahan agensi, dan proses pengaduan kasus ke KDEI-Taipei.

Dalam kesempatan ini, KDEI-Taipei juga menyampaikan kembali nomor pengaduan “1955” dan nomor pengaduan KDEI-Taipei yang dapat dihubungi. Layanan KDEI Mobile Service di Taichung merupakan layanan terakhir di tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017. Jadwal pelaksanaan KDEI Mobile Service dan KDEI Sunday Service akan disampaikan melalui website KDEI-Taipei http://www.kdei-taipei.org. By

Read more...

KDEI Di Taipei Menyapa TKI Dalam Acara The Foreign & Local Employees Get-Together Party

 

Tainan City, KDEI (27/11) – Acara ketenagakerjaan, The Foreign & Local Employees Get-Together Party Of Tainan City Government 2016 yang digagas oleh Pemerintah Kota Tainan, 27 November 2016, berlangsung meriah. Peserta yang berasal dari tenaga kerja lokal dan Tenaga Kerja Asing (TKA) dari berbagai negara antara lain Indonesia, Filipina, dan Vietnam turut hadir meramaikan acara tersebut. Kegiatan ini bertema kekeluargaan/kekerabatan yang dipersembahkan bagi tenaga kerja lokal maupun tenaga kerja asing. 

Sekitar pukul 09.00 dalam kondisi hujan rintik disertai udara dingin, para peserta mulai berdatangan memadati tempat pelaksanaan acara di No. 36, Ln. 42, Zhong Xing Rd., Xinhua Dist., Tainan City. Acara ini diselenggarakan dengan maksud untuk menjalin kekerabatan dan kekeluargaan yang dipersembahkan bagi tenaga kerja lokal maupun tenaga kerja asing termasuk TKI. Dalam acara ini TKI peserta sebagian besar bekerja pada sektor manufaktur yang berada di sekitar wilayah Tainan.

Wakil Kepala KDEI di Taipei, Siswadi, dalam sambutannya menuturkan, pihaknya mendukung kegiatan positif ini serta mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Tainan dalam memberikan perhatian serta mengakui existensi TKI telah banyak berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Tainan. 

“Diharapkan kepada seluruh TKI agar tetap menjaga martabat dan nama baik Indonesia di Taiwan, sehingga ke depan pemerintah Indonesia dan masyarakat Taiwan tetap mengharapkan kehadiran TKI di Taiwan serta agar menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan tindak pidana serta perpecahan dan pekelahian khususnya antar sesama TKI”, tegasnya dalam mengakhiri sambutannya di hadapan ratusan TKI.

Senada dengan hal tersebut, Deputi Directory General BLA Tainan, Yu Pao-Hsien dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada perwakilan Sending Countries yang telah hadir serta kepada masyarakat Tainan dan tenaga kerja asing yang ikut pada acara ini walaupun dalam kondisi cuaca hujan. 

Acara ini diisi dengan games seru antara lain perlombaan memasukan piring plastik ke dalam gawang, lomba gigit sendok yang diisi pingpong serta diselingi dengan acara perform musik yang diisi secara bergantian oleh TKA dan warga lokal. Dalam kesempatan ini TKI juga turut mengambil bagian dengan membawakan lagu dangdut yang disambut meriah oleh TKI lainnya.

Turut hadir dalam acara ini Senior Asisten Bidang Tenaga Kerja, Kadir dan lokal staf. Di sela-sela acara, KDEI di Taipei juga menyapa beberapa TKI serta menyampaikan berbagai informasi terbaru seputar ketenagakerjaan. Selain itu juga menerima beberapa pengaduan, serta konsultasi mengenai hak-hak yang harus diketahui oleh TKI selama bekerja di Taiwan.

Kegiatan ini berlangsung dengan tertib sampai pukul 14.00. Di akhir acara Wakil Kepala KDEI di Taipei turut menyerahkan hadiah berupa piala kepada pemenang yang dinilai secara kumulatif dari kedua games tersebut. Pada kesempatan ini TKI mendapatkan piala sebagai juara dua (*kdr).

Read more...

KDEI-Taipei Menyapa ABK Nelayan Indonesia di Pelabuhan Donggang

Donggang, 26 November 2016, Ka KDEI-Taipei, Bapak Robert James Bintaryo, bersama dengan Kepala Bidang Tenaga Kerja, Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan, dan Kepala Subbagian Protokol dan Konsuler,  melakukan silaturahmi ke Sekretariat Forum Silaturahmi Pelaut Indonesia (FOSPI) di Donggang.

Dalam kesempatan tersebut, selain memperkenalkan diri sebagai Kepala KDEI-Taipei yang baru, juga dilakukan sosialisasi informasi dan diskusi dengan para ABK Nelayan terkait isu-isu ketenagakerjaan di Taiwan, meliputi respon kebijakan baru Taiwan mengenai perpanjangan masa kerja, prosedur verifikasi ABK Nelayan, dan penanganan jenazah TKI.

Di akhir kunjungan, tim KDEI-Taipei berkesempatan melihat bangunan yang akan digunakan sebagai masjid, yang pembeliannya diperoleh dari dana yang dikumpulkan secara sukarela oleh ABK Nelayan di wilayah Donggang dan hasil sumbangan dari para Donatur. By

Read more...
Subscribe to this RSS feed

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

DMC Firewall is a Joomla Security extension!