Logo
Print this page

2019 TAIWAN - INDONESIA Industrial Collaboration Forum

2019 TAIWAN - INDONESIA Industrial Collaboration Forum

Taiwan merupakan salah satu mitra potensial yang dimiliki Indonesia dalam hal perdagangan dan investasi. Hal ini dapat dilihat dari nilai perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Taiwan pada beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2017, total perdagangan kedua pihak mencapai USD 7,4 miliar dan Taiwan berada di peringkat ke-11 sebagai mitra impor maupun ekspor perdagangan global Indonesia. Sementara itu, jumlah investasi langsung Indonesia di Taiwan sebesar USD32,2 miliar. Sedangkan, penanaman modal langsung Taiwan di Indonesia sekitar USD397 juta menjadikan Taiwan sebagai investor urutan ke-14 terbesar Indonesia. Dan menurut Bureau of Foreign Trade, Ministry of Economic Affairs, untuk periode Januari-September 2018, Indonesia adalah negara asal impor untuk Taiwan dengan peringkat 10, dengan nilai impor sebesar US$ 4.1 billion, dan merupakan 1.9% nilai total impor yang masuk ke Taiwan.

Tidak hanya pada bidang perdagangan, Indonesia dan Taiwan juga memiliki interaksi dan kerjasama yang baik dalam bidang industri. Untuk memelihara hubungan baik dan mempromosikan kerja sama baru antara Taiwan dan Indonesia dalam bidang Industri, telah diadakan kegiatan 2019 Indonesia-Taiwan Industrial Collaboration Forum (ITICF) yang merupakan pertemuan ITICF yang ketiga. Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari platform yang telah dibentuk untuk meningkatkan kerjasama industri diantara keduanya, berupa forum diskusi panel, MoU signing, high level meeting, business matching, promotion booth, serta kunjungan industri yang keseluruhannya dirangkai dalam suatu acara bernama Indonesia-Taiwan Industrial Collaboration Forum (ITICF). Sebelumnya telah diadakan ITICF 1 diadakan di Kaohsiung, Taiwan pada tahun 2017 dan ITICF 2 di Jakarta, Indonesia pada tahun 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 9-10 Desember 2019. Acara pada hari pertama dilaksanakan di Hotel Le Meridien Taipei yang berisi kegiatan ceremonial, penandatanganan MoU dan diskusi strategis antara bagian yang berkaitan. Acara ini dibuka dengan sambutan dari perwakilan dari kedua belah pihak oleh Minister of Economic Affair Mr. Shen Jong-chin, Chairman CNFI Mr. Wang, Chairman of Indonesia KADIN Ms. Rini Lestari, Dirjen ILMATE Bapak Harjanto, Kepala TETO Mr Chen dan Kepala KDEI Bapak Didi Sumedi. Setelah sambutan acara diikuti dengan penandatangan 4 MoU yaitu: 1) Think tank cooperation antara Industry, Science and Technology International Strategy Center (ISTI), ITRI dengan Paramadina Public Policy Institute (PPPI); 2) Cooperation of Design Development antara Taiwan Design Center dan Ditjen IKMA yang diwakili oleh KDEI Taipei; 3) Advanced Molding Technology and education cooperation antara Association of CAE Mold Technology, Taiwan( ACMT) dengan Atma Jaya Catholic University (AJCUI); dan 4) Implementation of Industry 4.0 Technology in The Virtual And Augmented Reality antara Taiwan Association for Virtual And Augmented Reality (TAVAR) dengan Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Kemenperin. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 80 orang peserta dari Indonesia sedangkan dari pihak Taiwan sendiri berjumlah sekitar 282 delegasi, baik dari perwakilan pemerintah, industri maupun asosiasi. Kegiatan diperdalam dengan sesi sub-forum yang dibagi dalam beberapa ruangan yang berbeda. Diskusi sub-forum mencakup topik: (1) Metal manufacturing, (2) Shipbuilding, (3) Food and Biotechnology, (4) Internet of Things. Acara sub-forum ini berisikan pemaparan materi, diskusi dan industri matching yang membahas mekanisme kerjasama yang menguntungkan industri kedua belah pihak secara substansial.

Untuk melihat gambaran lebih jelas mengenai kemajuan perkembangan industri di Taiwan, pada hari kedua acara tepatnya tanggal 10 Desember 2019 peserta diajak untuk melihat secara langsung beberapa industri yang menjadi titik focus kerjasama. Adapun industri yang dikunjungi adalah: (1) CSBC Corporation di Kelung, yang bergerak dibidang perkapalan, (2) Grape King Bio, perusahaan berbasis Taiwan yang bergerak di healthcare product, dan (3) Taipei City Traffic Information Center (Taipei Station).

Latest from

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei © 2014. Developed by Webmaster. Template by Joomla Templates. All rights reserved.
Our website is protected by DMC Firewall!