Menu

KDEI Taipei kembali Pulangkan Anak-anak WNIO di Taiwan

KDEI Taipei kembali Pulangkan Anak-anak WNIO di Taiwan

 

Taipei (31/10/2019), untuk kedua kalinya KDEI Taipei memulangkan anak-anak para PMI kaburan di Taiwan kepada keluarganya di Indonesia. Pada pemulangan kali ini, KDEI memulangkan 7 anak dengan rentang usia 6 bulan sampai 4 tahun. Untuk menjaga keamanan pemulangan anak, setiap anak didampingi oleh 1 orang dewasa.

Berdasarkan pernyataan para ibu-ibu PMI kaburan yang menitipkan anaknya, mereka masih ingin bekerja di Taiwan karena dorongan faktor ekonomi yang masih kurang mencukupi sehingga anak mereka lebih baik dipulangkan agar mereka dapat fokus bekerja kembali. Namun demikian, mereka menyadari kesalahannya dan tidak akan mengulanginya lagi, juga berkomitmen untuk lebih fokus bekerja.

Di Taiwan belum terdapat tempat penitipan anak yang memadai dalam jumlah besar sehingga kondisi perawatan anak tidak memadai bagi tumbuh kembang anak.

Setelah dikonfirmasi kepada Departemen Kesejahteraan Sosial kota Taipei, mereka hanya memiliki shelter khusus anak-anak yang dapat menampung 10-11 anak saja. Sedangkan anak Indonesia yang lahir di Taiwan dari para PMI kaburan jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun seimbang dengan jumlah PMI di Taiwan yang berjumlah sebesar 273.605 orang (Data Statistik Ministry of Labor Taiwan).

KDEI Taipei akan terus melakukan proses pemulangan anak-anak WNI overstayer ke Indonesia. Pemulangan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat kerja sama KDEI Taipei dengan sejumlah otoritas dan pihak terkait di Taiwan serta Kemlu, Kemsos, BNP2TKI dan Kementerian/Lembaga terkait di Indonesia. Untuk itu KDEI Taipei menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung pemulangan ini dan yang berikutnya.

back to top

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

DMC Firewall is a Joomla Security extension!