Menu

Siapkan Infrastruktur Sistem Online Pendaftaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan, KDEI Taipei rapat bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan BNP2TKI

Siapkan Infrastruktur Sistem Online Pendaftaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan, KDEI Taipei rapat bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan BNP2TKI

Jakarta, KDEI (22/04/2018) – Baru-baru ini tepatnya Senin lalu (16 April 2018), KDEI Taipei menghadiri rapat bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan BNP2TKI di Jakarta. Agenda rapat adalah pembahasan mekanis dan teknis pembayaran asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi PMI di Taiwan khusnya bagi skema perpanjangan kontrak tanpa pulang.

Dalam rapat ini KDEI Taipei diwakili oleh Bapak Tri Djuliyanto, Kepala Bagian Adminstrasi serta Kadir, Asisten Senior Bidang Ketenagakerjaan. Turut disampaikan seputar kebijakan perpanjangan kontrak yang nantinya akan dilakukan melalui sistem online serta terintegrasi dengan program jaminan sosial atau Asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Kesiapan KDEI Taipei, serta alat pembayaran yang sudah siap serta gambaran pelayanan juga dijelaskan.

Dalam rapat tersebut para pihak yang hadir juga menyampaikan kesiapan dan dukungan dalam menyambut hadirnya sistem online guna memberikan kepastian perlindungan terhadap PMI yang melakukan perpanjangan kontrak di Taiwan. Sebagai informasi bahwa sistem online pada KDEI Taipei dimaksud tersebut terintegrasi dengan SISKOTKLN, BPJS Ketenagakerjaan dan Perbankan (Bank BNI, BRI, dan Mandiri).

Nantinya PMI Cuti tidak perlu lagi ke BP3TKI/LP3TKI/P4TKI untuk pendataan ke dalam Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri maupun pengurusan asuransi lagi karena kedua proses tersebut telah dilakukan pada KDEI Taipei. Sehingga dengan demikian PMI yang cuti mempunyai lebih banyak waktu untuk menjalani cuti bersama keluarga atau untuk urusan lainnya. Selain itu bahwa dengan adanya online system tersebut sebagai alat untuk memastikan PMI terlindungi selama bekerja di Taiwan yakni dengan proteksi Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Informasi tentang kepastian launching sistem online tersebut akan disampaikan kembali dalam rilis pengumuman resmi KDEI Taipei. Selanjutnya akan dilakukan juga himbauan, sosialisasi, blasting informasi untuk program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi PMI di Taiwan tersebut. Nantinya akan disiapkan hotline/helpdesk khusus untuk pelayanan pendaftaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan. 

 

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd