Menu

KDEI Di Taipei Menyelenggarakan Piket Selama Libur Imlek (Part 3)

KDEI Di Taipei Menyelenggarakan Piket Selama Libur Imlek (Part 3)

Yehliu,  Rangkaian piket hari keempat tersebut dilaksanakan di Yehliu, tepatnya di Mushola Nurul Hidayah yang beralamat di 1F., No. 55, Dong'ao, Wanli Dist., New Taipei City 2017, Taiwan.  Pertemuan dihadiri oleh ABK Nelayan diseputar Pelabuhan Yehliu.

Agenda piket hari ini adalah diskusi seputar permasalahan TKI ABK Nelayan. Diharapkan melalui penyampaian dan diskusi ini TKI dapat mengetahui hak dan kewajibannya. Salah satu hak yang perlu perlu diketahui oleh ABK Nelayan adalah tentang gaji tambahan yakni :

  1. bagi TKI Nelayan yang berpengalaman kerja di Taiwan dengan tambahan 25% gaji, contoh jika mengikuti gaji 20.008, maka tambahan gaji 25 % berarti tambahan sebesar kurang lebih NT$ 5,000.
  2. bagi TKI Nelayan yang Non atau tidak berpengalaman kerja di Taiwan dengan tambahan 15 % gaji, contoh jika mengikuti gaji 20.008, maka tambahan gaji 15 % berarti tambahan sebesar kurang lebih NT$ 3,000.

Bonus hasil pancing berbeda lagi, sebagaimana dalam Pasal 4 dalam Perjanjian Kerja berbunyi : Bonus hasil pancingan Long Line Fishing adalah merujuk pada hasil kesepakatan kedua belah pihak. 

Sebagai informasi bahwa gaji tambahan  tersebut telah disepakati oleh majikan (pemilik kapal) dan agensi, sebagai salah satu syarat dalam pengajuan Perjanjian Kerjasama Penempatan (humao) untuk perekrutan ABK Nelayan. Sebagai tambahan informasi bahwa Penempatan TKI Nelayan di Wilayah teritorial Taiwan pernah ditutup pada 16 Maret 2015 karena banyaknya permasalahan pada saat itu yang kemudian dibuka kembali pada tanggal 29 September 2015, yang salah satu ketentuannya adalah perbaikan kesejahteraan bagi ABK Nelayan yang salah satunya adalah disepakatinya agar ada tambahan gaji tersebut.

Gaji tambahan tersebut berlaku untuk penempatan ABK Nelayan yang telah diverifikasi oleh KDEI di Taipei di atas September 2015. Bila tambahan gaji tersebut belum dibayarkan silahkan dipertanyakan kepada agensi masing-masing dan bila tidak direspon dapat disampaikan kepada KDEI di Taipei dengan melampirkan bukti-bukti valid.

Disampaikan juga bahwa gaji ABK Nelayan telah mengalami kenaikan menjadi 21,009 mulai Januari 2017. Diharapkan TKI memahami hak yang paling penting ini.

Dalam pertemuan ini juga TKI ABK Nelayan memohon dukungan kepada KDEI di Taipei agar difasilitasi komunikasi dengan pemerintah daerah setempat untuk operasional Mushola Nurul Hidayah sehingga resmi dan terdaftar sebagai pusat keagamaan di Yehliu. Pada akhir pertemuan ditutup dengan doa bersama, serta ucapan terima kasih dari ABK Nelayan telah dikunjungi oleh Perwakilan Pemerintah.

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

Our website is protected by DMC Firewall!