Menu

KDEI Di Taipei Menghadiri Seminar Bertajuk "Membangun Karakter Indonesia Berkemajuan"

KDEI Di Taipei Menghadiri Seminar Bertajuk "Membangun Karakter Indonesia Berkemajuan"

 Taipei City, KDEI (17/12) – Seminar Bertajuk “Membangun Karakter Indonesia Berkemajuan” sukses diselenggarakan di Auditorium Kampus National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Kegiatan ini diselenggarakan oleh PCI Muhammadiyah Taiwan bekerja sama dengan NTUST-ISA (Indonesian Student Association) dan Formmit (Forum Mahasiswa Muslim Indonesia Taiwan).

Dalam seminar ini menghadirkan tiga nara sumber utama yaitu :

  1. Dr. Haedar Nashir (Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah), dengan topik Mengasah Karakter Berkemajuan Melalui Organisasi dan Dakwah selama di Taiwan.
  2. Prof. Dr Yunahar Ilyas, Lc (Wakil Ketua MUI Pusat), dengan topik Nilai-nilai Islam yang berkemajuan untuk majunya Indonesia.
  3. Wakil dari KDEI di Taipei, Farid Ma’ruf (Analis Bidang Ketenagakerjaan), dengan topik Peran WNI/TKI di Indonesia di Taiwan.

Turut hadir juga dalam seminar ini Kadir, selaku Senior Asisten Bidang Tenaga Kerja. Sekitar pukul 14.00, para peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Taiwan sudah mulai berdatangan di lokasi penyelenggaran di auditorium kampus terbesar di Taipei tersebut. Acara ini diselenggarakan dengan maksud untuk menjalin silaturahmi, kekeluargaan dan wadah untuk mempersatukan umat melalui seminar dengan tema membangun karakter Indonesia Berkemajuan, kolaborasi nilai Islam dan adat ketimuran Taiwan guna memajukan masyarakat muslim Indonesia. 

KDEI di Taipei yang diwakili oleh Farid Ma’ruf menyampaikan tentang pentingnya peran masyarakat Indonesia (WNI/TKI) di Taiwan serta informasi seputar ketenagakerjaan di Taiwan. Diawali dengan penyampaian seputar data dan fakta seputar ketenagakerjaan, antara lain trend penempatan yang masih didominasi oleh tingkat pendidikan setingkat SMP, disusul SMU dan SD. Trend permasalahan TKI masih didominasi oleh ketidakharmonisan hubungan kerja antara TKI dan pengguna, serta ketidakmampuan bekerja. 

Berdasarkan data yang ada disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia di Taiwan tergolong besar yaknir ± 275.000, dengan komposisi mahasiswa sekitar 4.300 orang, TKI sekitar 241.000 orang, kawin campur sekitar 29.000 orang. Tentunya, hal ini merupakan potensi yang sangat besar untuk dapat mempromosikan Indonesia secara luas ke masyarakat Taiwan maupun memanfaatkan peluang-peluang yang ada di Taiwan untuk kemaslahatan umat.

“Dalam meningkatkan perlindungan kepada TKI diharapkan kepada seluruh masyarakat Indonesia di Taiwan khususnya mahasiswa kiranya dapat mensosialisasikan kepada TKI agar menghindari kaburan maupun pelanggaran hukum lainnya”, tegasnya dalam mengakhiri sambutannya di hadapan peserta seminar.

Usai paparan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta seputar tema Membangun Karakter Indonesia Berkemajuan.. Kegiatan ini berlangsung dengan aman dan tertib sampai pukul 17.00. (*kdr).

 

 

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is a Joomla Security extension!