Menu

Transaksi Meningkat 150% Pada Pameran Kopi dan Teh Di Taiwan

Transaksi Meningkat 150% Pada Pameran Kopi dan Teh Di Taiwan

Partisipasi Indonesia untuk ke tiga kalinya pada pameran “Taiwan International Tea, Coffee and Wine Expo 2016” yang berlangsung pada tanggal 18-21 Nopember 2016 bertempat di Nangang Exhibition Center  - Taipei, mendapatkan perhatian yang cukup banyak oleh pengunjung. Selama 4 hari pameran berlangsung, Paviliun Indonesia  yang disiapkan KDEI Taipei bekerjasama dengan Ditjen. PEN, Kemendag dikunjungi oleh sekitar 3.700 orang yang terdiri dari importir, produsen, pemilik café, para pakar,  media masa, dan pengunjung umum dibidang kopi dan teh. 

Penyelenggaraan Taiwan International Tea, Coffee and Wine Expo 2016 tahun 2016 diikuti oleh  216 perusahaan yang menempati 810 booth yang terdiri dari peserta lokal Taiwan dan peserta luar negeri. Peserta Asing dari 12 negara yaitu dari Indonesia, Italia, Negara2 di Amerika Tengah (Honduras, Guatemala, Elsalvador, Panama), Malaysia, Viet Nam, Afrika Selatan, Jerman, Hong Kong dan Jepang yang menempati 70 booth. 

Indonesia pada pameran ini diikuti oleh 12 perusahaan eksportir kopi dan teh yaitu Adijaya Naturaindo (kopi, teh), Billie Coffee Corp (kopi), Ara Savis Sejahtera (teh), Domba Bali Persada (kopi), Kopanindo Mitra Servistama (kopi), Kharisma Cantik Bermakna (kopi), Healthy Sweet Indonesia (teh), Lima Bintang Pasifik (kopi), Goesar Trading Persada (kopi), Golden Malabar Indonesia (kopi), Wahana Sinar Kentjana (teh), dan Santama Arta Nami (kopi).

Seiring dengan banyaknya buyer yang mengunjungi Paviliun Indonesia, para peserta telah berhasil meraih transaksi sekitar USD. 4.12 juta, jumlah ini meningkat lebih dari 250% jika dibandingkan dengan transaksi yang diperoleh pada tahun 2015 yaitu sebesar USD. 1.65 juta.

Adapun produk yang banyak diminati oleh buyer pada partisipasi tahun 2016 ini antara lain kopi Arabika Mandailing, Arabika Toraja, Arabika Gayo Takengon, kopi Sumatera Lintong dan Kopi Luwak Mandailing. Adapun produk Teh yang diminati adalah Jasmine Tea, White Tea dan Black Tea with Stevia.

Selama pameran berlangsung pada setiap hari pukul 14.00  - 15.00, Paviliun Indonesia melakukan cupping (testing rasa kopi) yang diikuti oleh para pengunjung Pameran. Kegiatan ini dipandu oleh Mr. Edward Wang dari Billie Coffee Corp. yang telah mengantongi sertifikat Key Grader. Selama 4 hari pameran diperoleh pemenang hasil cupping yaitu jenis kopi yang banyak diminati oleh peserta cupping adalah masing-masing Kopi Arabika Gayo dari PT. Goesar Trading Persada, Kopi Arabika Luwak Sumatera dari PT. Kopanindo Mitra Servistama, Kopi Arabika Gayo dari PT. Goesar Trading Persada dan Kopi Arabica Bajawa Flores dari PT. Bintang Lima Pacific.

Melihat dari animo dan antusias dari para pengunjung dan buyer terhadap produk kopi dan teh yang dipamerkan oleh para peserta pada Paviliion Indonesia selama pameran berlangsung, memberikan gambaran bahwa produk kopi dan teh Indonesia  memiliki potensi pasar yang sangat bagus di Taiwan khususnya dan pasar luar negeri pada umumnya.

“ Dengan sukses yang diperoleh Indonesia pada pameran ini, Kepala  sangat optimis nilai ekspor kopi dan teh Indonesia akan terus meningkat dimasa mendatang  “ ujar  Kepala KDEI Taipei Robert. Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Arlinda yang mengatakan bahwa transaksi yang meningkat secara fantastis menunjukkan bahwa kopi Indonesia semakin jaya di pasar Internasional.

Diharapkan partisipasi Indonesia pada kegiatan yang sama pada tahun mendatang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kinerja ekpor kopi dan teh Indonesia di Taiwan.

Suasana Kontak Bisnis

 

Suasana Cupping

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

Our website is protected by DMC Firewall!