Menu

Peningkatan Kualitas Pelayanan Endorsement oleh KDEI – Taipei

Endorsement atau Legalisasi adalah tindakan melakukan pengesahan terhadap dokumen yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia, dan perwakilannya di luar negeri. Sebagai salah satu perwakilan, KDEI-Taipei telah mengadakan beberapa perubahan demi meningkatkan kualitas layanan endorsement.

Terhitung mulai Bulan Juni 2011, KDEI- Taipei telah merubah bentuk legalisasi terhadap dokumen. Perubahan yang dilakukan ini antara lain merubah bentuk legalisasi dari stempel menjadi stiker yang dilengkapi pengaman barcode. Terdapat beberapa kelebihan dari penggunaan stiker barcode. Diantaranya proses yang lebih cepat, dan masyarakat dapat mengecek keaslian legalisasi dikumen dari KDEI-Taipei dengan mengunjungi alamat http://validation.kdei-taipei.org.
Berikut adalah gambar dari perubahan endorsement di KDEI-Taipei :

Gambar : (kiri) Endorsement lama dengan stempel. (kanan) Endorsement baru dengan stiker

Selain perubahan utama tersebut, KDEI-Taipei juga telah menggunakan alat pelubang dokumen dengan tulisan ‘KDEI’, untuk menggantikan penggunaan stempel logo KDEI di bagian samping dokumen. Berikut adalah contoh gambar dari penggunaan mesin pelubang dokumen :

Gambar : Contoh bagian dokumen yang telah dilubangi.

Dengan penerapan dua mekanisme diatas, peningkatan kualitas layanan endorsement telah terlihat secara nyata. Hal ini bisa dilihat dari terpangkasnya waktu pengurusan dokumen yang semula 14-20 hari kerja, saat ini dapat diselesaikan hanya dalam waktu kurang lebih 2-3 hari kerja.

KDEI-Taipei akan terus berbenah dalam usaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

back to top

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd