Menu

KDEI Taipei hadir dalam FGD Pengembangan Portal Perlindungan WNI Guna Peningkatan Perlindungan WNI di Taiwan

KDEI Taipei hadir dalam FGD Pengembangan Portal Perlindungan WNI Guna Peningkatan Perlindungan WNI di Taiwan

Depok, KDEI (07/10/17). Perlindungan WNI di luar negeri adalah salah satu peran yang diemban oleh perwakilan RI di luar negeri.  Berbagai inovasi terus digalakkan, salah satunya adalah adanya berbagai Portal Sistem Informasi yang sudah dibangun oleh masing-masing perwakilan dengan kekhasan sesuai dengan karakteristik perwakilan. Keberagaman sistem tersebut sebagai tool penting pada masing-masing perwakilan dalam pelayanan terhadap WNI. 

Guna menghadirkan satu sistem yang terintegrasi dan terdistribusi, Kemlu mengadakan kegiatan Pemutakhiran Rancangan Portal Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri. Portal ini merupakan implementasi kebijakan one data policy yang dicanangkan pemerintah guna mewujudkan adanya  sistem pendatan WNI di luar negeri yang terintegrasi dan dijadikan rujukan data nasional. Pembangunan portal ini dengan penyempurnaan mekanisme pendataan WNI di luar negeri yang terintegrasi dengan data kependudukan nasional yang dikelola oleh aplikasi SIAK Kemendagri. Nantinya, portal ini juga akan mengintegrasikan semua aplikasi yang digunakan dalam pelayanan kepada WNI di luar negeri yakni  SIMKIM, dan SISKOTKLN.

Benefit utama dengan portal tersebut adalah tersedinya portal yang terstandarisasi, terintegrasi dan terdistribusi yang memuat pelaporan diri, pelayanan, pengaduan, serta informasi. Melalui kegiatan ini diharapkan terus meningkatkan pelayanan perlindungan WNI di luar negeri, sebagai bentuk kehadiran negara.

Dalam acara ini KDEI Taipei menyampaikan tentang upaya-upaya yang telah dilakukan terhadap pelayanan WNI, ketenagakerjaan, kekonsuleran, dan keimigrasian serta masukan untuk pengembangan portal tersebut. 

Acara ini berlangsung sampai dengan tanggal 09 Oktober 2017, turut dihadiri Perwakilan RI dari luar negeri lainnya. 

 

 

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is a Joomla Security extension!