Menu

National Taiwan University of Science and Technology Indonesian Culture Exhibition 2009

Mahasiswa NTUST – Indonesian Students Association menyelenggarakan Indonesian Culture Exhibition (ICE) 2009. ICE 2009 diadakan selama dua hari yaitu pada tanggal 12 dan 13 Maret 2009 dengan mengambil tema “The Mosaic of Indonesia”. Acara kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana NTUST-ISA pertama kalinya bekerjasama dengan IOCA (Indonesian Overseas Chinese Association) untuk menampilkan Indonesian Culture Performance. Acara berjalan dengan sangat meriah dan dipadati oleh pengunjung.

Pada hari pertama, culture exhibition ini menampilkan pameran benda-benda budaya dan mengadakan beberapa workshop antara lain Cooking Workshop, Angklung Workshop dan Ketupat Workshop. Selain benda-benda budaya, ICE 2009 juga membuat berbagai miniature stupa, danau toba, gunung merapi dan lain sebagainya. Acara juga diselingi dengan permainan tradisional seperti congklak dan pada waktu tertentu juga disediakan makanan dan minuman khas Indonesia.

 

 


Selain itu, lain dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini ICE 2009 mengadakan Singing Competition bagi mahasiswa-mahasiwa non Indonesia. Lomba nyanyi ini diikuti lebih dari 20 kontestan dari berbagai negara dengan menyanyikan lagu Rasa Sayange dalam versi bahasa Indonesia maupun Mandarin. Posisi pertama dan kedua ditempati oleh mahasiswi Jepang dan Taiwan.

Pada hari kedua yang merupakan puncak acara, ICE 2009 menampilkan serangkaian culture performance. Acara dimulai dengan memperkenalkan adat pernikahan pengantin Jawa. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Presiden NTUST, Chen.. dan Bapak Kepala KDEI, Bapak Suhartono, wakil dari IOCA Bapak Zhang serta tamu terhormat lainnya.


Beberapa tarian yang dibawakan antara lain Tari Yapong, Tari Cendrawasih, Tari Sahureka dan Tari Kayau. Dalam kesempatan ini, IOCA juga turut mempersembahkan Tari Tempurung, Tari Lilin serta persembahan lagu Bengawan Solo yang dibawakan secara interaktif dengan mengajak pengunjung menari bersama. Selain tarian tradisional, juga ditampilkan musik tradisional Angklung dan Rebana. Permainan musik tradisional Angklung sangat menarik pengunjung karena dapat memainkan lagu pop Mandarin dan pengunjung dapat menyanyi bersama. Dalam acara ini, pengunjung juga mendapat kesempatan mencicipi makanan Indonesia yang membuat acara budaya ini menjadi lengkap.


Secara keseluruhan, acara berlangsung dengan baik dan menarik. Dalam menyelenggarakan acara ini, mahasiwa Indonesia bekerjasama dengan mahasiswa lokal dan mahasiwa asing lainnya seperti dalam pembuatan miniatur-miniatur, penampilan tari dan musik, sehingga mahasiswa asing dapat terlibat secara langsung dan dapat mengenal budaya Indonesia. Total pengunjung selama dua hari mencapai lebih dari 700 orang.


 

 

back to top

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

Our website is protected by DMC Firewall!