Menu

Kemendag dan Kemenpan Lakukan Evaluasi Kinerja Organisasi KDEI-Taipei

Kemendag dan Kemenpan Lakukan Evaluasi Kinerja Organisasi KDEI-Taipei

 

Taipei, 28 Desember 2016, Sekretaris Jenderal Kemendag, Srie Agustina, dan staf Biro Organisasi dan Kepegawaian Kemendag, bersama Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan dan RB, Rini Widyantini, Deputi Bidang Pelayanan Publik, Diah Natalisa, melakukan kunjungan kerja ke Taiwan dalam rangka Evaluasi Kinerja Organisasi dan Tata Laksana KDEI-Taipei, sekaligus dalam upaya meningkatkan kinerja pelayanan publik di KDEI-Taipei sebagai respon atas semakin meningkatnya dinamika hubungan Indonesia-Taiwan.

Dalam salah satu lawatannya, delegasi Kemendag dan Kemenpan melakukan tinjauan ke salah satu shelter KDEI-Taipei yang berlokasi di Taoyuan. Shelter KDEI-Taipei, yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal sementara bagi WNI/TKI yang sedang dalam proses penyelesaian masalah, saat ini dihuni oleh 14 orang (dari total kapasitas 20 orang). Sejumlah kasus a.l.: penganiayaan oleh majikan, pelecehan seksual, pekerjaan tidak sesuai kontrak, dsb. 

Rini Widyantini menyampaikan apresiasi tehadap penanganan kasus di KDEI-Taipei, namun tetap menekankan pentingnya pentingnya penanganan masalah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. 

Sementara, Sekretaris Jenderal Kemendag dan rombongan sekaligus juga berkesempatan meninjau layanan publik KDEI-Taipei, yang pada saat kunjungan, ramai oleh Warga Negara Indonesia dan warga negara asing yang sedang dalam proses pengurusan penggantian paspor, pengajuan visa, pengesahan dokumen, serta layanan keimigrasian dan kekonsuleran lainnya.

Diah Natalisa manambahkan bahwa model pelayanan publik KDEI-Taipei yang sudah sangat baik, serta sistem penanganan pengaduan TKI dan Lapor Diri WNI online yang sudah terkelola dengan terkomputerisasi dapat diusulkan untuk diikutkan dalam lomba inovasi pelayanan publik kantor pemerintah yg diadakan setiap tahun.

Dalam kesempatan terpisah, Sekjen Kemendag dan para Deputi Kemenpan melakukan kunjungan singkat ke Taipei Main Station, yang merupakan tempat berkumpulnya WNI/TKI pada hari Minggu, yang juga dimanfaatkan untuk menyapa sejumlah TKI. Sekjen Kemendag akan membantu pengadaan koleksi buku pada Perpustakaan Keliling TKI di Keelung.

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd