Menu

Partisipasi KDEI Taipei dalam Trade Expo Indonesia 2018

KDEI Taipei telah berpartisipasi dalam kegiatan Trade Expo Indonesia ke-33 yang berlangsung pada tanggal 24-28 Oktober 2018 di International Convention and Exhibition (ICE) Centre, Bumi Serpong Damai, Banten. Dalam kegiatan yang dibuka oleh Presiden RI tersebut, tercatat ada 41 pelaku usaha Taiwan yang tergabung sebagai buyers dalam rombongan KDEI . Dalam partisipasinya tersebut telah terjadi beberapa kesepakatan bisnis dengan potensi nilai transaksi total sebesar USD 45,136,418.
Di sela-sela rangkaian TEI tersebut, beberapa buyers Taiwan yang tergabung dalam APEC SME Service Association juga melakukan pertemuan dengan beberapa Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Prima. Pertemuan ini berlangsung pada tanggal 25 Oktober 2018 di Mula Galeria, Jakarta.

Read more...

Buying Mission KDEI Taipei di Trade Expo Indonesia 2018

Dalam rangkaian kegiatan TEI 2018, KDEI Taipei juga melakukan buying mission di mana melalui misi tersebut dapat ditandatangani tiga Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 26 Oktober 2018. Terdapat masing-masing dua perusahaan Taiwan dan dua perusahaan Indonesia ditambah satu asosiasi Indonesia dan satu asosiasi Taiwan yang melakukan penandatanganan MoU di hadapan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag dan Kepala KDEI Taipei.
MoU pertama merupakan MoU mengenai transaksi produk sayur mayur antara CV. Birona Agro Mulia yang berbasis di Kab. Karo, Sumatera Utara, dengan Jyh Tzay Trade Co. Ltd. yang berpusat di Yunlin, Taiwan. Diperkirakan dari penandatanganan MoU ini akan terjadi transaksi sebesar USD 2,100,000.
MoU kedua yang ditandatangani adalah MoU antara PT. Prima Multi Mineral dengan Sino-Indo Co. Ltd. MoU yang berintikan transaksi penjualan batu bara sebanyak 200,000 ton ini diperkirakan bernilai transaksi sebesar USD 21,600,000.
MoU yang terakhir ditandatangani adalah MoU antara Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APERINDO) dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia Taiwan (APIT). MoU ini sendiri bukanlah MoU mengenai transaksi komoditas melainkan MoU kerja sama antara kedua asosiasi ini untuk pengembangan ritel Indonesia di pasar Taiwan. Diharapkan dengan penandatanganan MoU ini ekspor produk Indonesia ke Taiwan dapat meningkat setidaknya USD 10,000,000 setiap tahun.

Read more...

Scan-D Corporation menerima Primaduta Awards 2018

Pada hari pertama pelaksanaan Trade Expo Indonesia 2018, Kepala KDEI Taipei mewakili Scan-D Corporation menerima penghargaan Primaduta Awards sebagai importir yang secara konsisten melakukan impor terhadap produk Indonesia.

Importasi furniture kayu jati oleh Scan-D Corporation dari Indonesia dimulai sejak 30 tahun yang lalu. Untuk mendapatkan produk yang bagus perusahaan ini melakukan kunjungan ke pelosok Pulau Jawa seperti Jepara, Solo, Kulonprogo, Kutoarjo, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. Dengan kondisi transportasi dan tempat penginapan yang kurang memadai, pemilik perusahaan, Mr. Lim Pok Chin, mampu menyatu dengan masayarakat dan supplier furniture kayu jati di daerah tersebut.

Untuk meningkatkan kualitas produk, pemilik perusahaan Mr. Lim Pok Chin tidak segan-segan untuk memberikan saran dan masukan kepada supplier mengenai design. Dengan saran dan masukannya, furniture kayu jati dari Indonesia sangat popular di Taiwan yang memiliki konsep Scandinavian, Simply dan Contemporary.

Scan-D Corp juga menyampaikan kebanggaannya bekerja bersama-sama Bapak Joko Widodo yang waktu itu sebagai Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Komda Solo untuk meningkatkan impor furnitur ke Taiwan dan negara-negara lain.

Dari sekitar 150 gerai Scanteak (Brand dari Scan-D Corp.) di dunia, 100 diantaranya berada di Taiwan. Hal ini menunjukkan bahwa Taiwan merupakan pasar yang penting bagi Indonesia dan Scan-D.

Read more...

Perwakilan Indonesia Meraih Penghargaan Pada 2018 Taichung World Flora Exposition

Taichung World Flora Exposition telah dibuka pada hari Sabtu, 3 November 2018 dan berlangsung di Houli Horse Ranch & Forest Park Area di distrik Houli Taichung, Yongfeng Park Area di distrik Waipu, dan Huludun Park Area di distrik Fengyuan, masing-masing menempati area 30.04, 14.32 dan 16.52 hektar

Acara ini akan memamerkan keindahan dan keragaman botani dari industri pertanian Taiwan . Tujuan dari acara ini adalah meremajakan sumber daya alam lokal, hortikultura, lanskap taman dan berbagai industri lainnya, menghasilkan gaya hidup kosmopolitan yang segar dan mempromosikan infrastruktur perkotaan yang menguntungkan dan peluang untuk pertukaran budaya internasional. Dengan memadukan tema GNP (Hijau, Alam, dan Rakyat), tiga taman yang disebutkan di atas memperlihatkan pembangunan yang ramah lingkungan, pertanian intensif, dan perbaikan lingkungan.

Yayasan KONSERVASI JANUR INDONESIA (ig : @YK JANURI) mewakili Indonesia pada acara 2018 Taichung World Flora Exposition di Blossom Pavilion booth no 1, meraih 3 penghargaan untuk kategori : Excellent Award untuk General Arrangement
Bronze untuk Plant Arrangement ; Silver for Flower Arrangement

Read more...

Sejarah KDEI Taipei

 SEKILAS MENGENAI

KANTOR DAGANG DAN EKONOMI INDONESIA DI TAIPEI
(KDEI Taipei)

Keberadaan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei seperti sekarang ini dapat diurut dari peristiwa-peristiwa penting berikut:

  • Tahun1967, diawali dengan penempatan petugas dari Badan Koordinasi Intelijen (BAKIN) di Taiwan berkedudukan di Taipei.
  • Tahun 1970, secara resmi dilakukan pembentukan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) di Taipei yang dipimpin oleh Bapak Irawan Soekarno. Pejabat-pejabat yang ditempatkan dalam kantor ini berasal dari BAKIN dan Imigrasi.
  • Sejak tahun 1990 mulai ditempatkan pejabat-pejabat dari bidang ekonomi seperti dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan dari Departemen Perindustrian. Pembinaan terhadap kantor KADIN ini dilakukan oleh BAKIN.
  • Tahun 1994, melalui Keputusan Presiden nomor 48/1994 tertanggal 7 Juli 1994 KADIN ditingkatkan menjadi Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei sebagai lembaga ekonomi bersifat non- pemerintah di bawah pembinaan oleh Menteri Perdagangan.

Dengan terbitnya Keputusan Presiden tersebut maka nama Kamar Dagang Indonesia (KADIN) di Taipei berubah menjadi Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, disingkat menjadi KDEI Taipei.

 

STRUKTUR ORGANISASI

Organisasi Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei terdiri dari:
·Kepala
·Wakil Kepala
·Bagian Administrasi
·Bidang Perdagangan
·Bidang Industri
·Bidang Investasi
·Bidang Pariwisata dan Perhubungan
·Bidang Imigrasi
·Bidang Ketenagakerjaan

 

VISI DAN MISI KDEI

VISI
Mewujudkan kerjasama ekonomi Indonesia – Taiwan yang bermanfaat bagi kepentingan nasional dalam perkembangan global.
MISI
Pertama :
Memajukan hubungan persahabatan dalam bidang ekonomi : industri, perdagangan, investasi, pariwisata, perhubungan serta social budaya.
Kedua : Melindungi warga negara Indonesia.
Ketiga : Menyelenggarakan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah baik di pusat maupun di daerah.
Keempat : Mewakili semua kepentingan pemerintah RI di Taiwan.

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KDEI

Memperluas, memperlancar dan meningkatkan kerjasama ekonomi dan perdagangan dalam arti yang seluas-luasnya antara Indonesia dan Taiwan.
Mewakili dan melindungi kepentingan ekonomi dan warga negara Indonesia.
Meningkatkan hubungan ekonomi, perdagangan, industri, investasi dan pariwisata.
Mendorong kerjasama antara dunia usaha.
Memberikan pelayanan informasi dan membantu kelancaran pemasaran komoditi ekspor Indonesia ke Taiwan.
Melakukan kegiatan promosi dan penerobosan pasar.

 

PELAYANAN UMUM KDEI

Pelayanan umum KDEI Taipei antara lain:
Paspor Indonesia: penggantian, perpanjangan, penggantian Paspor yang hilang, penambahan anak di dalam paspor ayah/ibu, perubahan alamat di dalam Paspor, lapor diri.
Visa Indonesia, meliputi: Visa Transit, Visa Turis , Visa Kunjungan Usaha atau Sosial Budaya
Legalisasi / pengesahan dokumen, seperti : surat kuasa perusahaan, surat kelahiran,  ijazah, surat nikah, surat kematian.
Mediasi penyelesaian masalah ketenagakerjaan.
Pemberian informasi mengenai potensi dan peluang bidang Investasi, Perdagangan, Industri, Parawisata dan Perhubungan.
Penerimaan aplikasi Investasi.
Mediasi sengketa dagang.

 

ALAMAT KDEI

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei
Add : 6F, No.550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei 114, Taiwan, ROC
Tel : (+886-2) 87526170
Fax : (+886-2) 87523706 / 8752-3587
E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://kdei-taipei.org

 

DIREKTORI

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC

Phone : (02) 87526170

(1) Bagian Administrasi ext. 623, 628, 629, 638, 653 - (2) Perpustakaan ext. 653 - (3) Bagian Perindustrian ext. 630 - (4) Bagian Penanaman Modal ext. 625 - (5) Bagian Tenaga Kerja ext. 617, 620, 626 - (6) Jalur Khusus : (02) 8752-3117 - (7) Pengurusan Passport ext. 245 - 250 - (8) Pengesahan Dokumen ext. 261, 271, 272, 274 - (9) Visa ext. 243, 244, 246 - (10) Pengambilan Dokumen-Pendaftaran ext. 271 - (11) Bagian Perdagangan ext. 637, 640 - (12) Bagian Pariwisata ext. 660

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

Our website is protected by DMC Firewall!