Menu

Mempromosikan 33rd Trade Expo Indonesia di Taiwan 在台推廣第33屆印尼貿易博覽會

Trade Expo Indonesia merupakan pameran perdagangan internasional dengan platform B2B yang diselenggarakan untuk meningkatkan ekspor dan pengembangan pasar ekspor. Pada 33rd Trade Expo Indonesia tahun 2018, tema yang diusung adalah “Creating Products for Global Opportunities” untuk mempromosikan produk-produk berkualitas poduksi Indonesia ke pasar dunia, mengembangkan jaringan bisnis, investasi, dan memamerkan produk premium dan terbaik Indonesia. 

印尼貿易博覽會﹝印尼貿博﹞是國際性企業對企業的展覽活動,使出口產品增加及擴展出口市場。2018印尼貿博主題為「為全球商機創新產品」來全球推廣印尼優良產品,開發企業網絡、投資、及展示印尼優良產品。

 Sepanjang pameran, 33rd Trade Expo Indonesia juga akan mempersembahkan berbagai kegiatan yang menarik terdiri dari Tourism and Investment Forum, Business Matching, Business Counseling, Regional Discussion, Overseas and Local Trade Mission, Export Start-Up Competition dan Talk Show.

展覽同時,印尼貿博將舉辦一些活動如「貿易、觀光、投資論壇」、「商業媒合」、「商業洽詢」、「區域討論」、「海外及當地貿易考察」、「出口心手競賽」、及Talkshow

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei saat ini sedang mempromosikan 33rd Trade Expo Indonesia kepada pelaku usaha Taiwan, seperti Taichung Chamber of Commerce, China Productivity Center, para importir dan lain-lain. 

駐台北印尼經濟貿易代表處已向臺中商業會、財團法人中國生產力中心、進口商,等台灣企業家推廣「201833屆印尼貿易博覽會」。

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silahkan unduh informasi detail dan formulir pendaftarannya melalui tautan: http://bit.ly/TEI2018

更詳細資訊請至http://bit.ly/TEI2018下載。

Read more...

KDEI Taipei Gencar Lakukan Sosialisasi Sistem Online Perpanjangan Kontrak dan Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan

Taipei, KDEI (21/05/18) – Pasca dilakukan soft launching Sistem Online Perpanjangan Kontrak (SIPKON) tanggal 1 Mei 2018 lalu, KDEI Taipei terus melakukan sosialisasi guna memberikan pemahaman serta teknis dalam pendaftaran sistem online. Upaya dilakukan melalui penyebaran informasi melalui website KDEI Taipei, media sosial, maupun sosialisasi langsung terhadap agensi penempatan PMI ke Taiwan. Minggu lalu tepatnya Rabu (16/05/18), Sosialisasi lanjutan terhadap agensi kembali digelar di aula lantai 6 KDEI Taipei. Sekitar 200 agensi dari Taipei dan sekitarnya turut hadir dalam acara ini.

Diawali dengan sambutan Ibu Sri Indah Wijayanti selaku Kabid Naker disampaikan tentang manfaat dan urgensi pemanfaatan sistem online guna memberikan kemudahan pelayanan berbasis online kepada PMI Taiwan. Selanjutnya dalam penjelasan teknis dipandu langsung oleh Bapak Farid Ma’ruf dan Kadir. Pembahasan teknis dipusatkan pada tata cara pendaftaran online. Dijelaskan bahwa dalam layanan baru berupa sistem online tersebut (SIPKON), dibagi dalam 4 tahap yakni persiapan, pendaftaran, pembayaran dan verifikasi.

Pada tahap persiapan yakni PMI/majikan/agensi terlebih dahulu menyiapkan dokumen persyaratan selanjutnya discan dalam bentuk gambar (jpg). Selanjutnya dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran bila sudah lengkap persyaratannya. Dalam tahap pendaftaran disampaikan juga detail teknisnya serta beberapa hal yang perlu dihindari untuk kelancaran registrasi. Beberapa kendala yang ditemukan oleh agensi selama penggunaan sistem langsung dijelaskan.

“Intinya bahwa beberapa field isian harus diisi dengan lengkap dengan data yang benar”, tegas Farid Ma’ruf dalam pemaparannya. Setelah pendaftaran selesai dilanjutkan dengan pembayaran. Pada acara tersebut langsung dijelaskan oleh perwakilan BNI dan BRI di Taiwan, termasuk video tutorial pembayaran melalui ATM serta mobile banking.

Sosialisasi selanjutnya akan dilakukan juga di kota lainnya antara lain dalam waktu dekat yakni Kaohsiung dan Taichung. Dengan adanya pemberlakuan sistem online ini diharapkan dapat lebih memudahkan PMI dalam pendataan kembali bagi yang melakukan perpanjang kontrak, mengasuransikan PMI dalam skema program jaminan sosial sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. “Bagi PMI yang pulang cuti nantinya tidak perlu lagi mengurus dokumen pada kantor BP3TKI atau kantor yang ditunjuk lainnya karena semua tahapan pendaftaran ke dalam SISKOTKLN dan BPJS Ketenagakerjaan telah dilakukan pada KDEI Taipei”, ujarnya dalam mengakhiri paparannya.

Secara berturut-turut acara yang sama juga digelar di Kaohsiung (17/05/18) dengan peserta sekitar 200 orang serta Taichung (18/05/18), dengan peserta sebanyak 220 orang. Kini peserta sudah memahami tata cara pendaftaran ke dalam sistem tersebut. Terhitung sampai dengan Senin (21/05/18), jumlah permohonan yang tercatat ke dalam sistem meningkat secara signifikan.

Read more...

KDEI Taipei Gelar Semarak Ramadhan Bersama PMI di Taiwan

Taipei, KDEI (20/05/18) – Selama bulan suci Ramadhan 1439H KDEI Taipei menyelenggarakan Safari Ramadhan dengan tema “Semarak Ramadhan di Taiwan”. Diawali dari Taipei tepatnya di Main Hall Taipei Main Station, kegiatan ini disambut penuh antusias oleh para PMI/WNI yang hadir. Kepala KDEI Taipei beserta jajarannya turut hadir dalam acara ini.

“Ibadah puasa bukan berarti mengurangi semangat dalam, bekerja dan berkarya justru hal ini harus dijadikan semangat dalam bekerja dan hal tersebut sesungguhnya merupakan bagian dari amal ibadah puasa kita, selamat bagi yang menjalankan ibadah puasa bulan ini”, ujarnya Kepala KDEI Taipei, Bapak Robert J Bintaryo dalam sambutannya.

Dihadapan ratusan audiens yang umumnya PMI Taiwan beliau kembali menghimbau agar hendaknya bekerja dengan baik, mematuhi peraturan setempat, waspada terhadap modus penipuan, tidak terpengaruh iming-iming atau ajakan untuk kaburan, menjauhi pergaulan bebas, menjauhi narkoba, serta diharapkan dapat menjaga tindakan dan perilaku misalnya menjaga kebersihan dan keamanan dalam menyukseskan acara Semarak Ramadhan.

Acara semarak Ramadhan tahun ini berbeda yang merupakan kolaborasi bersama dalam menyampaikan program-program yang bermanfaat bagi WNI/PMI di Taiwan. Turut disampaikan materi sosialisasi seputar program pelayanan KDEI Taipei antara lain ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan, informasi pemilu 2019 serta program yang ditawarkan oleh para mitra, Tausiah Ramadhan, serta diselingi dengan Musik Religi, Kultum serta acara yang ditunggu-tunggu oleh audiens yakni buka puasa bersama.

KDEI Taipei menjelaskan seputar layanan baru yakni Perpanjangan Kontrak dan Pendaftaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Layanan ini khusus untuk memfasilitasi rekan-rekan PMI yang melakukan perpanjangan kontrak dan sudah habis masa berlaku asuransinya yang lama. Nantinya bagi yang cuti tidak perlu lagi repot berurusan dengan kantor BP3TKI di daerah masing-masing karena seluruh proses pendataan dan pendaftaran asuransi sudah dilakukan pada KDEI Taipei. Turut disampaikan juga bahwa digitalisasi atau kemudahan mendapatkan informasi ketenagakerjaan, keimigrasian, kekonsuleran kini dapat diakses melalui aplikasi SAVE PMI Taiwan.

KDEI Taipei beserta PPLN juga menghimbau kesadaran audiens untuk partisipasi aktif dalam Pemilu 2019. Ditekankan bagi yang belum didata, agar segera melapor pada petugas PANTARLIH atau bisa juga langsung mendaftar online lewat website PPLN sehingga saat PEMILU nanti dapat tetap menggunakan hak pilihnya.

Acara ini terselenggara atas dukungan dari para mitra dan Sponsor yakni Perwakilan Perbankan (BRI, BNI), Telin, PPLN, Indogo, Indosuara, EEC INDEX, organisasi dan komunitas PMI di Taiwan antara lain PCI NU, PCIM, Banser, Pantura,  relawan serta dimeriahkan oleh The Mandala’s.

 

Acara selanjutnya ini juga akan dilanjutkan dengan roadshow Safari Ramadhan di tiga kota lainnya di Taiwan antara lain Kaohsiung, Taichung dan Tainan bersama dengan mitra lainnya.

Read more...

Buka Puasa Bersama WNI di KDEI 

 

Taipei 19 Mei 2018 - Kantor Dagang  dan Ekonomi Indonesia di Taipei  bersama berbagai elemen masyarakat mengadakan buka puasa bersama dihari ke-2 bulan Ramadhan. Acara buka puasa yang diadakan di KDEI lantai 2 didahului oleh sambutan Kepala KDEI, Robert James Bintaryo, dalam sambutannya beliau memberikan informasi seputar kegiatan KDEI selama bulan suci Ramadhan, diantaranya adalah Safari Ramadhan.  Daerah daerah yang akan dikunjungi selama Safari Ramadhan diantaranya adalah Tainan, Taichung dan Kaohsiung. Tujuan dari kegiatan ini adalah pembinaan terhadap WNI dan juga menjaga  tali silaturahmi baik PMI maupun para pelajar di daerah. Disampaikan juga doa kepada para WNI yang ada di Taiwan agar lancar menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.

Menjelang buka puasa juga diberikan Tausiah oleh Ustad Arief Yudhi,  dimana selama kurang lebih 15 menit,  dengan tema " Orang orang yang dirindukan surga" acara yang hadiri lebih kurang 200 orang mendengarkan dengan penuh khidmat. Setelah adzan magrib berkumandang, tausiah ditutup, dilanjutkan dengan sholat magrib dan buka puasa bersama.  Pada pukul 19.58 tepatnya waktu isya juga dilangsungkan sholat isya dan tarawih berjamaah. Acara ditutup dengan baca doa bersama yang diaminkan oleh seluruh jamaah.

Read more...

Acara Ambassadors’Day ke Taiwan Agricultural Research Institute (TARI) di Taichung

 

Taipei 17 Mei 2018 – Kepala KDE Taipei, Robert James Bintaryo didampingi oleh Kepala Bidang Perindustrian, Syahroni berkunjung ke Taiwan Agricultural Research Institute (TARI) di Taichung. Dalam  mendorong kebijakan New Southbound Policy khususnya dalam riset dan pengembangan serta kerjasama di bidang pertanian, maka Office of Trade Negotiation, Executive Yuan yang dipimpin oleh Minister without portfolio, John Deng, mengundang para perwakilan dari negara tujuan New Southbound Policy untuk berkunjung ke Taiwan Agricultural Research Institute (TARI). Kunjungan ini dihadiri oleh Representative Tran Duy Hai (Vietnam), Executive Director Thongchai Chasawath (Thailand), Director General Sridharan Madhusudhanan (India), President Datuk Pung Shuk Ken Adeline (Malaysia), Resident Representative & Chairman Angelito Tan Banayo (Filipin), dan didampingi oleh Director General, Jenny Yang from Bureau of Foreign Trade (BOFT); Deputy Director Chen from Council of Agriculture (COA), Executive Yuan dan Director General, Junne-Jih Chen from Taiwan Agricultural Research Institute (TARI). Para perwakilan diundang untuk melihat hasil penelitian TARI dalam bidang pengembangbiakan jamur dan buah markisa, inovasi alat-alat pertanian serta integrasi teknologi Remote Sensing (RS) dan Geographic Information System (GIS) dalam manajemen pertanian di Taiwan.

Taiwan Agricultural Research Institute (TARI) yang berdiri sejak tahun 1895 ini merupakan pusat penelitian yang sangat penting dalam bidang pertanian Taiwan, khususnya dalam kerjasama pertanian yang beragam, pelatihan para ahli pertanian, teknologi yang maju, penelitian bibit baru dan pengembangan sistem manajemen lahan pertanian yang dapat menjawab setiap kebutuhan para pelaku UKM pertanian. Saat ini TARI juga telah menjalin kerjasama teknologi dengan beberapa negara. 

Dengan setiap teknologi dan keunggulan Taiwan dalam bidang pertanian, Executive Yuan berharap agar para perwakilan dapat melihat potensi kerjasama pertanian guna meningkatkan kualitas dan kapasitas hasil panen para petani dan meningkatkan daya saing produk lokal di pasar internasional. Delegasi dari Kementerian Pertanian RI sendiri telah beberapa kali mengunjungi TARI dimana dalam waktu dekat akan direalisasikan kerjasama pertanian antara Indonesia dan Taiwan.

Read more...

Munggahan KDEI Jelang Ramadhan

Taipei 16 Mei 2018 - KDEI Taipei gelar silaturahmi jelang bulan Ramadhan atau yang biasa disebut munggahan. Munggahan dihadiri oleh seluruh Home Staff dan Lokal Staff KDEI serta Ibu-Ibu Dharma Wanita KDEI Taipei. Kesempatan pertama Kepala KDEI Taipei, Robert James Bintaryo memberikan semangat kepada semua karyawan agar dengan berpuasa di bulan Ramadhan tidak mengendurkan semangat dalam bekerja namun justru lebih meningkatkan kinerja. Tujuan dari munggahan ini untuk mempererat tali silaturahmi sesama Karyawan  beserta keluarga dan mengisi rohani dengan mendengarkan tausiah dari Dr Robby. Setelah tausiah acara ditutup dengan sholat tarawih berjamaah.

Read more...

[Pengumuman] KDEI Adakan Buka Puasa Bersama Ramadhan 2018/1439 H

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei mengundang masyarakat Indonesia di Taiwan untuk hadir di acara Buka Puasa dan Tarawih Bersama di KDEI Taipei (6F, No 550, Rui Guang Road Neihu Dist., Taipei) yang akan diselenggarakan pada :

  1. Sabtu, 19 Mei 2018
  2. Jum'at, 25 Mei 2018
  3. Jum'at, 1 Juni 2018
  4. Jum'at, 8 Juni 2018 

mulai pukul 18.00 waktu setempat. Demikian dan terimakasih atas perhatiannya.

Read more...

KDEI Taipei Menghadiri Sales Mission 2018

Taipei 11 Mei 2018 - Kepala KDEI, Bpk.Robert James Bintaryo didampingi oleh Kepala Bagian Administrasi, Bpk.Tri Djuliyanto,  menghadiri dan memberikan sambutan serta sekaligus mengakhiri rangkaian acara Sales Mission yang diselenggarakan oleh  Kementerian Pariwisata yang diadakan di 3 kota, yaitu, Taipei, Taichung, dan Kaohsiung. 

Dalam kata sambutannya Kepala KDEI menyampaikan bahwa hubungan people to people antara masyarakat Indonesia dan Taiwan sudah terjalin baik sejak lama, beliau berharap dengan adanya kerja sama antara pelaku industri pariwisata Indonesia dan Taiwan ini akan  mampu lebih lagi mendorong kunjungan wisata masyarakat Taiwan ke Indonesia ataupun sebaliknya.

Sales Mission yang berkonsep B to B dan yang dilakukan dalam rangka pencapaian target Kementerian Parwisata mendatangkan 240.000 wisatawan Taiwan ke Indonesia pada tahun ini, diikuti oleh 5 pelaku Industri pariwisata Indonesia dan sekitar 150 orang pelaku industri pariwisata di Taiwan termasuk tamu undangan.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd