Menu

KDEI Taipei hadir dalam Kegiatan Komunitas PMI Blitar di Fengyuan

Fengyan, KDEI (16/09/18) — Wakil Kepala KDEI Taipei, Bapak Siswadi hadir dalam acara komunitas PMI di bilangan Fengyuan, kawasan Taichung. Acara yang digagas komunitas PMI Blitar yang tergabung dalam perkumpulan Putra Putri Sang Fajar (PPSF) ini merupakan reuni akbar dan hari jadi yang keempat. Even ini sebagai jembatan silaturahim guna mempererat persaudaraan diantara PMI di Taiwan.

Sekitar pukul 10.00 ratusan hadirin dari Fengyuan dan sekitarnya sudah memadati tempat acara. Sebelum memasuki acara inti diawali dengan pertunjukan seni antara lain tari tradisional, silat serta poco-poco.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala KDEI Taipei mengingatkan agar kepada PMI hendaknya selalu mengingat tujuan utama ke Taiwan yakni bekerja dan berjuang untuk keluarga di Tanah Air. Beliau juga menghimbau agar menghindari hal-hal yang merugikan dan tetap mematuhi peraturan setempat, menjaga kerukunan, persaudaraan dan kesatuan sesama PMI di Taiwan guna meningkatkan perlindungan WNI/PMI di Taiwan. Beliau juga tegas mengingatkan kepada PMI agar menghindari narkoba yang sangat merugikan serta menjaga nama baik Indonesia di Taiwan.

Terkait dengan layanan informasi dan pengaduan hendaknya dapat memanfaatkan saluran pengaduan yang telah ada di Taiwan.

Read more...

KDEI Taipei Hadiri Tabligh Akbar  Yayasan Hidayatullah Jannah di TMS

Minggu, 16 September 2018 – Kepala KDEI Teipei, Didi Sumedi, menghadiri Tabligh Akbar Yayasan Hidayatullah Jannah dalam rangka Milad ke-4 Forum Pahlawan Devisa di Taipei Main Station. Dimana juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Hidayatul Jannah, serta perwakilan organisasi PMI di Taiwan dari PCINU, PCI Muhammadiyah, PANTURA,  KMIT, Wiralodra, IMDAT, KOMIT  serta organisasi lain.    Tabligh akbar kali ini diisi siraman rohani oleh   Ustadz Angga Johan Saputra, Ustadz Abeyy Gifrran dan Ananda Habib Alwi Asegaff.

Dalam sambutannya Kepala KDEI menyampaikan beberapa pesan kepada jamaah yang hadir diantaranya untuk terkait pengurusan Asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi PMI yang perpanjangan kontrak, kemudahan pengurusan dokumen Paspor, saluran pengaduan bagi PMI dan informasi Pemilu 2019 di Taiwan. Tak lupa beliau juga menghimbau agar para PMI selalu bekerja dengan baik, serta mematuhi peraturan setempat, patuh pada peraturan lalu lintas, waspada terhadap modus penipuan, jangan terpengaruh ajakan kaburan, menjauhi pergaulan bebas/narkoba,  hindari miras, dan  bila ada masalah hendaknya dapat disampaikan ke saluran pengaduan Taiwan (1955), konseling Disnaker setempat maupun KDEI Taipei.

Read more...

Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan

 

Bertempat di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei lantai 6, pada hari Senin, 17 September 2018 telah dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan untuk pejabat Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan, Adilla dengan dipimpin langsung oleh Kepala KDEI Taipei, Didi Sumedi. Acara ini dihadiri oleh seluruh homestaf dan local staf Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei.

Acara pelantikan berlangsung dengan khidmat dan sederhana yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara  serah terima jabatan oleh pejabat baru dari plt. Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan. Acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan Kepala KDEI – Taipei, dan ditutup dengan ramah tamah dan ucapan selamat kepada pejabat baru. Seluruh staff KDEI turut memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang akan mulai bertugas tersebut.

Read more...

Seminar Mahasiswa  UT di KDEI Taipei

Taipei, KDEI (16/09/18). Seminar yang bertajuk “Meningkatkan Potensi Mahasiswa Universitas Terbuka Taiwan ”  digelar di Kantor Dagang dan Ekonomi  Indonesia  Taipei  Lantai 6.  Acara ini dihadiri oleh  Kepala KDEI Taipei, Didi Sumedi, Ketua PPI Taiwan, Sdr. Sutaris dan Ibu Chusnul Khotimah sebagai narasumber, Ketua Himmas Universitas Terbuka Sdri. Furaida Rahma, serta Ketua Panitia Seminar,  Sdr. Nur Budiono 

Kepala KDEI Taipei dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan keteladanan ataupun 4 karakter kepemimpinan oleh Nabi Muhammad SWT  dimana sesuai dengan tema seminar kali ini, yaitu sifat Shiddik (Benar), Fathonah (Cerdas), Tabligh (menyampaikan) dan Amanah (dapat dipercaya). Dimana ke empat sifat utama tersebut  harus di teladani dan ditiru dalam berkepemimpinan baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain.  

Kepala KDEI berpesan agar  Para Mahasiswa  terus meningkatkan Ilmu  jangan putus ditengah jalan, diselesaikan hingga tuntas, sehingga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dapat di gunakan nantinya untuk membangun Negara Indonesia. Dan berharap agar teman teman mahasiswa selama di Taiwan betah dengan profesinya dan enjoy, sehingga dalam mengenyam pendidikan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, pulang membawa ijasah sehingga saat kembali ke tanah air diharapkan menjadi  agent development  yaitu dapat memberikan pekerjaan utk orang lain. Di sampaikan juga bahwa sumber daya alam Indonesia yg banyak dan berlimpah sehingga membutuhkan  sumber daya manusia untuk di explorasi bukan di exploitasi. 

Tak lupa dalam sambutannya juga  Kepala KDEI mengingatkan dan menghimbau agar rekan-rekan mahasiswa untuk ikut dalam Pesta Demokrasi Pemilu tahun 2019, turut memilih dan  tidak golput.  

Seminar d hadiri oleh kurang lebih 55 orang peserta yang terdiri dari angkatan V sampai dengan angkatan XII  dari berbagai jurusan bidang Ilmu , Universitas Terbuka.

Read more...

Serah Terima Jabatan KDEI Taipei

Taipei, 27 Agustus 2018 – KDEI Taipei menyelenggarakan Acara Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, dari Robert Jamens Bintaryo kepada Didi Sumedi.  Acara sertijab dilaksanakan di Lantai 6 Kantor Dagang Ekonomi Indonesia  Taipei, disaksikan oleh Inspekstur  Jenderal  Kementerian Perdagangan RI, Srie Agustina dan di hadiri oleh seluruh jajaran  pegawai KDEI Taipei.

Pada acara sertijab ini, Irjen Kementerian Perdagangan, Srie Agustina memberikan sambutan dan arahan kepada Kepala KDEI Taipei yang baru Bapak  Didi Sumedi  dan juga ucapan terima kasih kepada Kepala KDEI yang lama Bapak Robert James Bintaryo, yang juga selaku Ses.Itjen Kemendag.  Dalam sambutannya Beliau  mengapresiasi Kinerja  Robert James Bintaryo selama menjabat Kepala KDEI Taipei dalam kurun waktu Juli 2016 – Agustus 2018.

Read more...

Resepsi Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73

Taipei, 24 Agustus 2018 - KDEI Taipei menyelenggarakan Resepsi Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 yang diselenggarakan di Howard Plaza Hotel Taipei yang berlangsung dari pukul 18:30 sd 21:00. 

Acara yang dihadiri  oleh hampir seluruh perwakilan negara serta tamu undangan utama Deputi Menteri Luar Negeri Taiwan Mr. Hsu Zhu-shien dan Inspektur Jenderal Kemendag Ibu Srie Agustina, selain itu hadir juga Pejabat Tinggi instansi terkait, Pejabat Perwakilan Asing di Taiwan, Pelaku Usaha dan masyarakat Taiwan, Masyarakat Indonesia di Taiwan serta undangan lainnya. 

Dalam acara ini sekaligus perkenalan Kepala KDEI Taipei yang baru Bapak Didi Sumedi. 

Peringatan HUT RI ke 73 dimeriahkan oleh pertunjukan tari tradisional Indonesia  dan paduan suara yang dibawakan oleh Masyarakat dan Pelajar Indonesia dan juga pegawai lokal staf KDEI Taipei menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan daerah. Bagi para undangan yang hadir diberikan souvenir berupa  Kopiah Nasional untuk pria dan selendang batik untuk wanita. Makanan yg di sajikan bagi undangan yang hadir makanan khas Indonesia.

Read more...

Perayaan Idul Adha 1439 H di Taipei

 Taipei, 22/08/2018 - Shalat Idul Adha di halaman depan Taipei Main Station (TMS), Rabu, 22 Agustus 2018 digelar dalam tiga gelombang untuk mengantisipasi kedatangan warga negara Indonesia yang hendak menunaikan ibadah sunnah muakkadah itu.

Gelombang pertama dimulai pada pukul 06.30 waktu Taiwan yang diikuti sekitar 4.000 WNI. Kemudian gelombang kedua pada pukul 07.35 diikuti sekitar 1000 WNI, sedangkan gelombang ketiga pada pukul 08.10 dengan jemaah berjumlah 100 orang.

Pada gelombang pertama Ust. Arif Wahyudi bertindak sebagai khotib dan Ust. Ali Sadikin sebagai imam. Keduanya merupakan perwakilan Pengurus Cabang Istimewa Nahdhatul Ulama (PCI NU). Sebagai khotib pada shalat Id gelombang kedua Ust. A. Syauqy, perwakilan Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCI M) dengan Imam Ust. A. Sidiq Abdullah perwakilan Majelis Ta’lim Yasin Taipei (MTYT). Sedangkan gelombang ketiga imam dan khotib merupakan perwakilan dari Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan (FORMMIT), yaitu Ust.  Derry Permana sebagai Imam dan Ust. Jajang Jainudin sebagai khotib.

Setiap momentum Idul Fitri dan Idul Adha, KDEI Taipei dan PCINU Taiwan menyewa tempat di pusat transportasi terpadu itu untuk mewadahi WNI yang menunaikan ibadah sunnah muakkadah tersebut.

Pihak panitia yang didukung oleh Sincung Halal for Taiwan Co.,Ltd. menyediakan karpet, perangkat audio, dan mimbar. Para Home staf dan lokal staf Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia Taipei turut hadir pada kegiatan yang digelar KDEI, PCI NU, PCI Muhammadiyah, MTYT, KMIT dan FORMMIT di TMS tersebut.

Selain itu, tempat yang mampu menampung 3.000 orang itu biasa digunakan para WNI menyelenggaraan berbagai kegiatan keagamaan. Lokasi TMS sangat mudah dijangkau dengan berbagai jenis alat transportasi umum, seperti bus, MRT, kereta api regular, dan kereta cepat dari berbagai daerah di Taiwan. 

Sementara itu, beberapa WNI menunaikan shalat Idul Adha pada hari Selasa (21/8) di Taipei Grand Mosque, yang lebih familiar disebut Masjid Besar Taipei. Pihak TGM mengikuti Arab Saudi yang mengatakan bahwa 10 Dzulhijjah 1439 H jatuh pada hari Selasa 21 Agustus 2018.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd