Menu

Kunjungan DWP KDEI Ke Shelter Taoyuan dan Taichung

  • Published in Berita

Taipei, 24 Apriil 2018 - Dalam rangka memperingati Hari Kartini dan menyambut bulan suci Ramadhan, Dharma Wanita Persatuan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei melakukan kunjungan ke shelter house KDEI Taoyuan dan Taichung untuk bersilaturahmi, berbagi ilmu dan memberikan motivasi kepada para Pekerja Migran Indonesia yang ditampung di shelter tersebut.

Opening Ceremony Indonesia Food Safety and Regulation Course di Food Industry Reasearch & Development Institute (FIRDI), Hsinchu

24 April 2018 telah dilakukan acara Opening Ceremony Indonesia Food Safety and Regulation Course di Food Industry Reasearch & Development Institute (FIRDI) di Hsinchu.  Indonesia Food Safety and Regulation Course yang digelar FIRDI ini dilaksanakan selama 4 hari di Hsinchu dan Chiayi. Peserta yang hadir terdiri dari perwakilan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan dan memiliki minat besar untuk menjalin hubungan dengan Indonesia. Pelatihan ini diadakan dengan maksud memberikan informasi lebih detail kepada para pengusaha industri makanan Taiwan mengenai kondisi dan regulasi industri makanan termasuk regulasi Halal di Indonesia. 

 

Pada pelatihan ini, FIRDI secara khusus mengundang Peneliti Senior, Bpk. Ir. Agus Sudibyo dan  Kepala Seksi Kerjasama, Bidang Pengembangan Jasa Teknik, Bpk. Achmad Taufik sebagai narasumber dari Balai Besar Industri Agro (BBIA) untuk menyampaikan informasi terkait standarisasi dan regulasi industri makanan di Indonesia. Selain itu, FIRDI juga mengundang Kepala KDEI Taipei, Bpk. Robert James Bintaryo untuk dapat memberikan kata sambutan pada pelatihan tersebut didampingi oleh Kepala bidang Industri, Bpk. Syahroni Ahmad dan Kasubbag Konsuler dan Protokol, Bpk. Nugroho Priyo Pratomo. 

 

Kehadiran Kepala KDEI Taipei merupakan salah satu komitmen untuk mempererat kerjasama diantara kedua institusi tersebut, sebagaimana diketahui bahwa FIRDI dan KDEI Taipei telah menandatangani Memorandum Of Understanding (MOU) pada Indonesian Week 2018 tanggal 22 Maret lalu.

 

Deputy Director FIRDI, Ms. Yu-Fen Chen juga menyampaikan terima kasih untuk kesediaan KDEI Taipei telah hadir dan memberikan dukungan kepada para peserta pelatihan ini.  Bpk. Robert menyampaikan bahwa potensi industri makanan di Indonesia sangat besar. Letak geografis dan kebiasaan setiap daerah yang beragam merupakan salah satu keunikan Indonesia. Beliau juga menghimbau para pengusaha Taiwan untuk tetap ramah lingkungan saat mengembangkan industri mereka di Indonesia.

Peringatan Hari Kartini di Kantor Pelayanan KDEI Taipei

  • Published in Berita

Taipei 23 April 2018 – Dengan mengambil tema “ Habis Gelap Terbitlah Terang : Semangat Perempuan  Indonesia Memperkuat Kualitas Bangsa”, KDEI Taipei memperingati Hari Kartini di kantor pelayanan KDEI lantai 2.  

Acara peringatan dibuka dengan sambutan dari Kepala KDEI Taipei, Bapak Robert James Bintaryo dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Ketua Dharma Wanita Pusat KDEI Taipei, Ibu Azizah, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Hari Kartini merupakan momentum yang sangat baik untuk menyegarkan ingatan kita tentang pesan Ibu Kartini yang telah berjuang untuk menyuarakan hak perempuan untuk mendapatkan akses yang sama dengan laki-laki dalam rangka memenuhi haknya sebagai manusia seutuhnya.  Kartini adalah kita. Sebagai perempuan Indonesia, kita patut memunculkan sosok Kartini dalam sanubari kita. Perempuan Indonesia harus tampil ke depan menjadi motor penggerak perubahan. 

Saat ini di Taiwan terdapat ribuan perempuan hebat yang berprofesi sebagai Pekerja Migran Indonesia.  Keberadaan mereka menunjukkan bahwa kaum perempuan mampu menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak-anak mereka, meski terpaksa meninggalkan keluarga di kampung halaman. Merekalah srikandi-srikandi bangsa yang dengan pantang menyerah berjuang di negeri orang agar dapat memperbaiki taraf hidup diri dan keluarga. 

Acara dilanjutkan dengan membacakan  kilas balik Riwayat RA Kartini, kata-kata bijak RA kartini oleh Ibu Kadir. Selanjutnya untuk mengenang jasa-jasa RA Kartini seluruh peserta yang hadir bersama-sama dengan hikmat menyanyikan lagu RA Kartini. 

Pembacaan doa menutup suluruh rangkaian acara Peringatan Hari Kartini dengan harapan akan muncul Kartini kartini masa kini.

Siapkan Infrastruktur Sistem Online Pendaftaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan, KDEI Taipei rapat bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan BNP2TKI

Jakarta, KDEI (22/04/2018) – Baru-baru ini tepatnya Senin lalu (16 April 2018), KDEI Taipei menghadiri rapat bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan BNP2TKI di Jakarta. Agenda rapat adalah pembahasan mekanis dan teknis pembayaran asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi PMI di Taiwan khusnya bagi skema perpanjangan kontrak tanpa pulang.

Dalam rapat ini KDEI Taipei diwakili oleh Bapak Tri Djuliyanto, Kepala Bagian Adminstrasi serta Kadir, Asisten Senior Bidang Ketenagakerjaan. Turut disampaikan seputar kebijakan perpanjangan kontrak yang nantinya akan dilakukan melalui sistem online serta terintegrasi dengan program jaminan sosial atau Asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Kesiapan KDEI Taipei, serta alat pembayaran yang sudah siap serta gambaran pelayanan juga dijelaskan.

Dalam rapat tersebut para pihak yang hadir juga menyampaikan kesiapan dan dukungan dalam menyambut hadirnya sistem online guna memberikan kepastian perlindungan terhadap PMI yang melakukan perpanjangan kontrak di Taiwan. Sebagai informasi bahwa sistem online pada KDEI Taipei dimaksud tersebut terintegrasi dengan SISKOTKLN, BPJS Ketenagakerjaan dan Perbankan (Bank BNI, BRI, dan Mandiri).

Nantinya PMI Cuti tidak perlu lagi ke BP3TKI/LP3TKI/P4TKI untuk pendataan ke dalam Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri maupun pengurusan asuransi lagi karena kedua proses tersebut telah dilakukan pada KDEI Taipei. Sehingga dengan demikian PMI yang cuti mempunyai lebih banyak waktu untuk menjalani cuti bersama keluarga atau untuk urusan lainnya. Selain itu bahwa dengan adanya online system tersebut sebagai alat untuk memastikan PMI terlindungi selama bekerja di Taiwan yakni dengan proteksi Asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Informasi tentang kepastian launching sistem online tersebut akan disampaikan kembali dalam rilis pengumuman resmi KDEI Taipei. Selanjutnya akan dilakukan juga himbauan, sosialisasi, blasting informasi untuk program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi PMI di Taiwan tersebut. Nantinya akan disiapkan hotline/helpdesk khusus untuk pelayanan pendaftaran Asuransi BPJS Ketenagakerjaan di Taiwan. 

 

Subscribe to this RSS feed

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is a Joomla Security extension!